Hati-Hati Sebar Konten HOAX !

Seluruh konten grafis yang diproduksi oleh PKS ART harus melalui Quality Control (QC) di struktur PKS Art pusat dan wilayah. Konten grafis yang tersebar di internet dan tidak ada di web PKS ART (art.pks.id) adalah TIDAK OFFICIAL

PKS ART senantiasa menjaga kualitas produksi grafis dengan Quality Control (QC) sebagai berikut:

1. Standar Kontrol Kualitas untuk mengarahkan produksi grafis yang terjaga sesuai dengan:
a. Kaidah yang baik, yaitu cara penyajian yang baik, mulai dari kaidah fotografi, kaidah jurnalistik, hingga kaidah desain grafis.
b. Prinsip yang benar, yaitu prinsip yang sesuai dengan nilai kebenaran, tidak melanggar ketentuan partai dan ketentuan syariat Islam.
c. Etika yang santun, tidak mencederai persepsi publik, tidak menghakimi orang lain, tidak menyerang personal/lembaga, dan bertanggung jawab.

2. Approval Isu, boleh-tidaknya/perlu-tidaknya isu/tema disajikan menjadi karya grafis, mengingat karya grafis berpotensi positif sebagai karya yang persuasif, namun juga berpotensi dikritik karena mengangkat tema yang sensitif.
a. Karya persuasif, berpotensi mengajak orang involve dan turut menyebarkan secara sukarela atas ide yang dikemukakan, harus diupayakan.
b. Karya sensitif, berpotensi mendapatkan kecaman/bullying oleh netizen karena mengandung pemberitaan, info, atau sajian foto yang sensitif, harus dihindari.

3. Validasi Konten, memastikan konten benar secara bahasa dan pesan yang tepat untuk disampaikan ke publik. Penilaian konten dilakukan oleh QC Konten.
a. Penilaian kebenaran peristiwa atau kutipan wawancara
b. Penilaian atas Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

4. Koreksi Desain, memastikan kepantasan dan keindahan karya grafis supaya enak dilihat, disukai banyak orang, dan tersebar viral di media sosial. Penilaian desain dilakukan oleh QC Desain.
a. Desain dengan corak PKS: desain bersifat official.
b. Desain dengan corak umum, jika bertema umum.
c. Menghindari black-art/underground yang tidak sesuai dengan karakter PKS.

 

Disampaikan oleh BPH PKS ART, Sumber: Presentasi Basic Training PKS ART

Comments

comments