PKSART adalah Komunitas Desainer PKS yang dilaunching pertama kali pada tanggal 14 Juni 2015, bertepatan dengan acara Kongkow Akbar Keluarga Besar Humas PKS di MD Building, Jakarta.

Komunitas kreatif ini lahir sebagai respon dari semakin majunya media publikasi, teknologi dan informasi, serta kebutuhan sosialisasi PKS yang harus makin inovatif menyesuaikan perkembangan zaman. Era digital dan semakin maraknya social media menjadi tren baru yang harus direspon dengan sebaik-baiknya. Kreativitas yang menjamur di kalangan anak muda harus terwadahi dengan optimal, sehingga melahirkan karya yang turut membangun moral-intelektual bangsa.

Relawan desain PKS tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan turut meramaikan kampanye kreatif di berbagai event yang diselenggarakan PKS baik lokal maupun nasional.

Dengan sajian desain yang kreatif dan elegan, semoga PKS turut mencerdaskan dan memberi inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

Sahabat Muda PKS

PKS sebagai partai yang dekat dengan anak muda telah memunculkan maskot Lima Sahabat Muda PKS, yaitu Kea, Adi, Dilan, Eja, Tera. Kelima nama ini merupakan ‘nickname’ yang diambil dari kata ‘Keadilan Sejahtera’. Kelimanya juga merepresentasikan wajah anak-anak muda yang ramah, gaul, sholeh, lincah dan intelek.

Adapun profil singkat dari kelima sahabat muda PKS sebagai berikut.

SAHABATMUDA

Kea adalah mojang Sunda berjilbab lebar ini punya sifat perhatian, penyayang, suka menolong, suka menasehati, pecinta buku tapi mudah ngambek.

Adi adalah anak muda yang gaul sporty, humoris, asyik diajak berteman, dan mudah galau.

Dilan adalah cowok yang rajin, suka menolong, pemberi solusi, punya leadership, dan kadang moody. Dilan adalah anak kos yang berasal dari Sumatera, tapi suku Jawa.

Eja adalah gadis berjilbab yang pintar, kutu buku, namun tidak terlalu sering update socmed. Eja berteman dekat dengan Kea yang mengantarnya semakin dekat mendalami Islam.

Tera adalah cewek manja, galak, lucu, gaul, anak orang kaya, selalu update soal gadget, dan dijuluki miss socmed. Tera juga mendalami Islam sejak dekat dengan Kea.

Kelima karakter ini dimunculkan menjelang Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015, untuk mengisi momentum sumpah pemuda dengan karakter kartun bergaya anak muda. Bersamaan dengan itu pula disematkan kutipan bernas dari Presiden PKS, Mohamad Sohibul Iman, Ph.D., “Pemuda gak pernah buntu, selalu hadir dengan ide dan karya bermutu“.

IMG-20180128-WA0030

Kampanye Kreatif

Kehadiran kelima maskot ini tentu disiapkan dengan penuh perencanaan dan strategi. Anak muda sebagai ‘The New Majority‘ merupakan wajah masa depan Indonesia di masa mendatang. Kelima maskot ini adalah sarana kampanye kreatif (creative campaign) untuk meramaikan konten media sosial yang seirama dan senafas dengan anak muda. Kelima maskot sahabat muda ini juga dirancang untuk menciptakan ‘new behaviour‘ di era kampanye partai politik yang semakin modern dan serba digital.

Hari Peduli Sampah

Di berbagai event dan momentum, kelima karakter yang dibuat oleh PKS Art (Komunitas Desainer PKS) ini juga meramaikan kanal-kanal media sosial yang dipublikasikan oleh struktur, kader hingga simpatisan. Mulai dari hari besar nasional, hari besar internasional, hari besar Islam, hingga kampanye positif dalam pemilu dan pilkada.

Salam Kreatif !